Perbandingan Ras Anjing Husky vs Akita

Perbandingan Ras Anjing Husky vs Akita – Husky dan Akita sering dianggap sangat mirip karena sama- sama memiliki bulu yang tebal dan suka tinggal di iklim dingin. Mereka adalah anjing pekerja dan sering dikembangbiakkan bersama.

Perbandingan Ras Anjing Husky vs Akita

brfk – Namun kesamaan berhenti di situ karena temperamen mereka sangat berbeda. Misalnya Huskies biasanya lebih ramah daripada Akita dan lebih baik dengan anak-anak.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Anjing

Melansir officiallypets, Anjing menghabiskan banyak waktu dan energi, jadi jika Anda bekerja 12 jam sehari, anjing mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda benar-benar bertekad, berinvestasilah dalam alat bantu jalan anjing agar anjing Anda berolahraga dan berteman. Jika Anda tinggal di apartemen, bukanlah ide yang baik untuk mendapatkan anjing besar sebanyak yang Anda inginkan. Mereka bisa bosan dengan mudah dan menghancurkan rumah Anda dalam satu gerakan.

Baca juga : Perbedaan Anjing Ras Husky vs Malamute

Pertimbangkan breed apa yang cocok untuk iklim Anda. Misalnya, Anda tidak ingin anjing berbulu lebat dan panjang di mana cuacanya terlalu panas. Mungkin Anda ingin memiliki anak anjing, tetapi ingatlah bahwa mereka membutuhkan pelatihan di rumah yang tidak selalu mudah. Mereka juga sangat baik dalam mengunyah sesuatu.

Sekilas tentang Husky

Husky adalah anjing pekerja yang berasal dari daerah Siberia yang sangat dingin di Rusia. Mereka digunakan di sana untuk menarik kereta luncur dan masih, seperti di banyak negara Skandinavia. Mereka cukup menjadi daya tarik wisata di Lapland di mana mereka membawa wisatawan naik kereta luncur. Husky memiliki temperamen yang ramah dan mudah bergaul dan harus cocok di lingkungan keluarga.

Sekilas tentang Akita

Akita adalah anjing pekerja seperti husky, tetapi mereka berasal dari Jepang sebagai teman berburu. Mereka bekerja keras, pendiam, dan memimpin kelompok. Berbeda dengan husky, mereka bukan anjing keluarga dan bisa lebih agresif dan teritorial.

Husky vs Akita: Mana yang Lebih Besar?

Akita jauh lebih besar dari husky. Mereka lebih tinggi, berdiri di 24-26 inci, sementara Huskies hanya 20-23 inci. Akita betina memiliki berat 70 – 100 pon dan jantan pada 75 – 119 pon yang menjadikannya anjing besar. Husky betina hanya 35 – 50 pon dan jantan 45 – 60 pon. Jika Anda sangat menginginkan anjing besar, Akita adalah pilihan terbaik.

Temperamen Husky vs Akita: Bagaimana Mereka Berperilaku

Akita adalah anjing pekerja keras dan jauh lebih pendiam daripada Husky. Mereka tidak benar-benar cocok sebagai anjing keluarga karena mereka bisa menjadi antagonis. Huskies di sisi lain ramah dan keluar-pergi dan lebih cocok untuk keluarga. Namun, ingatlah bahwa anjing tidak boleh ditinggal sendirian dengan anak kecil.

Akita biasanya anjing satu orang. Pernah nonton film Hachi A Dogs Life? Ini didasarkan pada kisah nyata Hachiko, seorang Akita yang dibesarkan di Jepang oleh seorang pria yang mengalami stroke ketika anjing itu berusia satu setengah tahun.

Anjing itu biasa pergi dan menemui tuannya di luar kereta dan dia terus melakukan ini bahkan setelah tuannya meninggal sampai dia sendiri mati. Hachiko benar – benar mengabdi pada satu orang. Baik Akita dan Huskies memiliki tingkat aktivitas yang tinggi sehingga Anda perlu menikmati berjalan dan bermain game.

Rentang Hidup Husky vs Akita: Berapa Lama Hidup Mereka?

Umur Akita dan Huskies tidak jauh berbeda. Akita hidup antara 10 dan 15 tahun sementara Huskies hidup antara 12 dan 15 tahun. Akita bisa mati lebih muda karena mereka adalah anjing yang lebih besar. Anjing yang lebih besar seringkali memiliki umur yang lebih pendek daripada anjing yang lebih kecil.

Kesehatan Husky vs Akita: Apakah Mereka Rentan terhadap Kondisi Kesehatan?

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum bagi Husky adalah katarak. Mereka mempengaruhi sekitar 10% dari breed. Mereka juga dapat dipengaruhi oleh kondisi mata lainnya seperti atrofi retina progresif dan distrofi kornea. Meskipun masalah mata tidak sering terjadi, biasanya masalah ini serius.

Husky juga rentan terhadap displasia pinggul yang berkembang dalam dua tahun pertama kehidupan. Olahraga berat memperburuk kondisi. Hal ini sering diturunkan dari anjing induk. Namun, mereka masih merupakan salah satu ras anjing yang paling sedikit terpengaruh di luar sana meskipun tingginya kejadian displasia pinggul pada anjing.

Beberapa masalah kesehatan yang dialami Akita mirip dengan Huskies seperti displasia pinggul dan atrofi retina progresif. Namun, mereka juga dapat menderita gangguan kekebalan yang disebut miastenia gravis didapat , penyakit von Willebrand, yang merupakan gangguan pendarahan, dan penyakit kekebalan yang mempengaruhi kulit.

Penampilan Husky vs Akita: Seperti Apa Penampilan Mereka?

Husky dan Akita sangat berbeda dalam penampilan. Ya, keduanya memiliki bulu ganda yang tebal dan penuh tetapi warnanya berbeda. Akita bisa berwarna putih, coklat atau campuran keduanya, sedangkan Husky biasanya berwarna putih atau hitam.

Secara fisik Akita memiliki kepala yang besar dan kuat dengan mata yang dalam, telinga yang runcing, dan ekor lebat yang melengkung yang menambah beberapa inci panjangnya. Husky memiliki mata berbentuk almond dan kepala berukuran sedang. Baik Akita dan Husky memiliki telinga yang tegak. Akita dan Huskies tidak terlalu alergi menyebabkan keturunan meskipun jika Anda memiliki alergi bulu hewan peliharaan yang serius, tidak ada anjing yang cocok.

Husky vs Akita Shedding: Jenis Mantel Apa yang Mereka Miliki?

Dalam hal ini, Huskies dan Akita serupa. Mereka berdua meniup lapisan bawah mereka dua kali setahun. Anda harus menyikatnya banyak selama waktu ini dan kemudian seminggu sekali setelahnya karena Anda tidak ingin terlalu banyak kerontokan di sekitar rumah Anda.

Grooming Husky vs Akita: Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Grooming sangat mirip untuk Akita dan Huskies. Baik Huskies dan Akita membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada anjing berlapis ganda lainnya. Anda harus membidik setidaknya sekali seminggu, meskipun Akita mungkin membutuhkan lebih banyak sentuhan. Hal ini penting untuk mandi baik Akitas dan Huskies ketika mereka menumpahkan mantel mereka. Namun, Huskies mungkin membutuhkan lebih banyak pencucian.

Pelatihan Husky vs Akita: Bisakah Mereka Dilatih dengan Mudah?

Husky bisa dilatih lebih mudah daripada Akita. Ini karena Akita keras kepala dan bukan anjing keluarga. Jika Anda memiliki husky, Anda harus memberi tahu anak anjing Anda bahwa Anda yang bertanggung jawab. Ajari mereka ke mana harus pergi ke toilet dan menerima berada di dalam peti. Mereka harus bisa berjalan dengan tali dan Anda harus mengajari mereka duduk, berbaring, dan instruksi lainnya. Akita lebih sulit untuk dilatih karena mereka tidak memberikan sinyal yang sama tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

Jumlah Husky vs Akita: Apakah Mereka Ras Anjing Langka?

Baik Huskies dan Akita umum di iklim yang lebih dingin, tetapi tidak begitu banyak di daerah yang lebih hangat. Ketebalan mantel mereka tidak cocok untuk suhu tinggi. Mantel mereka juga tidak cocok untuk menjaga mereka tetap dingin di tempat yang lebih hangat. Husky diketahui bekerja di suhu sedingin minus 70 derajat Fahrenheit.

Namun mereka sangat mudah beradaptasi, oleh karena itu, selama mereka memiliki kebutuhan (makanan, minuman, naungan dll), mereka juga akan baik-baik saja di iklim yang lebih hangat.

Anjing Keluarga Husky vs Akita: Apakah Mereka Baik Dengan Anak-Anak?

Husky dikenal baik dengan anak-anak karena mereka ternyata penyayang. Namun, anjing tidak boleh ditinggalkan sendirian dengan anak-anak yang masih sangat kecil. Akita di sisi lain perlu dibesarkan dengan anak-anak untuk mereka bawa. Jika tidak, akan sangat sulit bagi mereka untuk bergaul dengan anak-anak. Ada sisi agresif dari Akita yang bisa menghalangi mereka menjadi anjing keluarga.

Kedua anjing memiliki banyak energi dan membutuhkan banyak jalan-jalan. Jika mereka adalah bagian dari keluarga, anak-anak harus diajari cara berjalan dengan anjing karena hal itu menciptakan ikatan di antara mereka. Baik Akita dan Huskies perlu memiliki pemilik yang punya waktu untuk mereka, jika tidak, kebosanan muncul dan Huskies khususnya dapat menghancurkan rumah.

Lingkungan Husky vs Akita: Di Mana Mereka Paling Cocok?

Husky dapat tinggal di apartemen, tetapi Akita paling cocok untuk rumah yang memiliki banyak ruang untuk mereka. Bagaimanapun, mereka adalah anjing besar. Keduanya cocok untuk lingkungan pedesaan atau perkotaan selama mereka diajak jalan-jalan. Anjing juga tidak gugup sehingga polusi suara tidak akan mempengaruhi mereka. Taman baik untuk Akita karena mereka adalah anjing yang energik. Seperti yang telah saya katakan, Husky bisa tinggal di apartemen, tetapi taman juga bagus untuk mereka.

Baik Akita dan Huskies menyukai iklim dingin. Huskies sesuai dengan suhu serendah -70F hingga 65F, sementara Akita menyukai suhu antara 30F dan 75F. Akita bisa hidup di zona yang lebih beriklim daripada Huskies.

Kesimpulan: Husky vs Akita

Akita adalah anjing besar yang menjadi pemimpin kawanan. Mereka sering menjadi anjing satu orang dan akan sepenuhnya setia kepada orang itu. Namun mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi agresif. Husky adalah anjing keluarga yang baik hati dan berukuran sedang. Karena sifatnya yang ramah, mereka melakukannya dengan baik di banyak rumah anjing.

Baca juga : Ras Anjing Labrador Retriever

Ada sangat sedikit kesamaan antara Akita dan Huskies selain dari mantel tebal mereka dan fakta bahwa keduanya adalah anjing pekerja. Mereka berdua juga menumpahkan deras. Perbedaan antara keduanya bermacam-macam. Sebagai permulaan, Huskies jauh lebih mudah dilatih daripada Akita karena Akita keras kepala. Husky juga lebih baik dengan anak-anak daripada Akita. Akita lebih besar dan lebih berat dari Huskies dan penampilan mereka sangat berbeda.

Jika Anda memiliki keluarga dan senang berjalan-jalan, Huskies adalah pilihan ideal. Pastikan Anda memiliki banyak waktu untuk mereka karena mereka mudah bosan. Jika Anda menginginkan pendamping setia yang hanya menganggap Anda sebagai pemiliknya, Akita adalah pilihan yang tepat.

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram