Tips Perawatan Anjing Siberia Husky Bulgaria

Tips Perawatan Anjing Siberia Husky Bulgaria

Tips Perawatan Anjing Siberia Husky Bulgaria – Siberia Husky merupakan anjing yang memiliki ciri khas bulu yang tebal atau biasa disebut dengan istilah double coat. Anjing Siberia Husky pertama kali dikembangkan di Siberia, Rusia, Asia Timur oleh masyarakat Chukchi yang dijadikan sebagai anjing penarik kereta salju. Masyarakat Chukchi sangat senang memelihara anjing Siberia Husky karena selain tahan dengan cuaca yang dingin, anjing ini juga memiliki sifat yang sangat penurut dan loyal pada manusia. banyak yang salah mengira jika anjing ini adalah serigala, pasalnya bentuk daun telinga dan warna bulunya sekilas mirip dengan serigala. Terlebih lagi, anjing ini dapat melolong layaknya serigala.

Anjing Siberia Husky pertama kali dibawa ke Amerika yang kemudian berkembang biak disana adalah pada tahun 1925 ketika Leonhard Seppala yang merupakan karyawan dari perusahaan agen bola terbesar di Alaska. Leonhard Seppala bertugas sebagai pengendara kereta anjing Husky yang sedang menjalani misi penyelamatan korban Demam Diphteria di Alaska. Alasan memilih anjing Husky dalam misi ini tidak lain adalah karena anjing ini sangat cerdas, kuat dan memiliki jiwa sosial. Jika Anda adalah salah satu pemilik Siberia Husky Bulgaria, maka di bawah ini adalah tips merawatnya sehari-hari :

1. Makanan
Semakin besar ukuran anjing, semakin besar pula porsi makannya. Anda dapat memberi makanan pokok anjing ini berupa daging-dagingan, mulai dari daging ayam, domba ataupun sapi, baik dalam kondisi matang maupun matang. Jika hendak memberikannya makanan pelet, pastikan pelet mengandung nilai vitamin E dan protein yang sangat tinggi untuk membantu memperkuat otot-otot dan mempertahankan kelebatan bulu anjing.

2. Sisir Bulu
Seperti yang diketahui, bulu Siberia Husky Bulgaria sangat tebal, lembut dan bersih. Bulu-bulu ini akan rontoh saat musim semi dan gugur. Maka dari itu, sangat wajib bagi Anda untuk rutin menyisir rambutnya minimal satu kali dalam seminggu menggunkan sisir yang permukaannya berbentuk datar dan tidak rapat. Namun penting bagi Anda untuk tidak mencukur bulu anjing ini karena dapat membahayakan kuilit anjing terpapar sinar UV.

3. Memandikan
Tips merawat hewan yang paling penting adalah memandikannya. Anjing Siberia Husky Bulgaria adalah anjing yang berbulu lebat, namun tidak dianjurkan bagi Anda untuk memandikannya terlalu sering, cukup mandikan sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam satu bulan menggunakan shampo khusus anjing, bahkan jika ada belilah shampo khusus anjing Husky. Karena kesalahan dalam memilih shampo dapat menyebabkan rambut anjing menjadi mudah rontok.

4. Memotong Kuku
Jangan lupakan jika hewan peliharaan Anda adalah makhluk hidup yang terus bertumbuh dan membutuhkan perawatan, barang perawatan sekecil apapun. Memotong kuku pada anjing Siberia Husky juga harus dilakukan secara rutin dan berkala, minimal 2 bulan sekali. Kuku yang panjang dapat membahayakan anjing mencakar secara tidak sengaja wajah atau anggota tubuhnya yang lain. Jika Anda terlalu takut dan belum mampu melakukan pemotongan kuku mandiri, bawalah ke dokter hewan atau petshop terdekat untuk membantu memotongkan kuku anjing kesayangan Anda.

5. Menggosok Gigi
Perawatan gigi pada anjing Siberia Husky juga diperlukan. Sama halnya dengan mandi dan memotong kuku, perawatan gigi pada anjing ini juga harus dilakukan secara berkala. Pilihlah sikat gigi khusus anjing yang memiliki bulu lembut agar tidak melukai gusinya. Anda dapat menggosok gigi anjing ini bersamaan dengan saat anjing sedang dimandikan. Tujuan dari menggosok gigi anjing adalah agar gigi anjing tetap sehat bebas dari plak serta menjaga agar nafas anjing tetap segar dan tidak banyak mengandung bakteri.

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram

0 thoughts on “Tips Perawatan Anjing Siberia Husky Bulgaria”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *