Anjing Ras Huski : Chinook

Anjing Ras Huski : Chinook – Chinook mungkin tidak terlihat seperti jenis lain Huskies, tapi dia adalah anjing kereta luncur juga! Sebagian besar anjing lain dalam daftar kami memiliki ciri khas telinga menusuk, ekor melengkung, bulu mewah, dan tanda wajah. Namun Chinook mungkin lebih mengingatkan Anda pada Labrador daripada Husky!

Anjing Ras Huski : Chinook

brfk – Mereka adalah anjing besar, tingginya 22-26 inci dan berat 55-90 pon. Meskipun diakui oleh AKC pada tahun 2013, breed ini sangat langka – saat ini memiliki peringkat 190 dari 197 breed yang terdaftar di American Kennel Club. Chinook dibiakkan pada akhir 1900-an dengan menyilangkan anjing tipe Mastiff dengan Huskies. Tempat asal mereka? New Hampshire! Mereka adalah anjing resmi negara bagian AS ini.

Melansir dogtime, Chinook adalah anjing yang sangat ramah. Mereka biasanya rukun dengan anjing lain dan manusia. Mereka adalah pemikir independen dan membutuhkan pelatih yang terampil dan berpengalaman. Chinook akan – seperti semua jenis Husky – membutuhkan latihan ekstensif agar tidak merusak atau mengembangkan masalah perilaku.

Baca juga : Anjing Ras Huski : Klee Klai Amerika

Lihat di bawah untuk semua sifat dan fakta jenis anjing tentang Chinooks!

Semuanya dimulai dengan persilangan antara anjing peternakan dan husky di peternakan Arthur Walden di New Hampshire. Anakan anjing tawny yang lahir pada 17 Januari 1917 ini termasuk pejantan yang tumbuh besar, bertelinga terkulai, dan tampan, dengan sifat yang lembut. Dia bernama Chinook, dan dia menjadi ayah dari anak anjing yang memakai capnya.

Sejak itu, jenis yang menyandang namanya mengalami pasang surut. Itu hampir menghilang beberapa kali, tetapi seseorang selalu turun tangan untuk menyelamatkannya dari ambang kepunahan. Itu tidak mengherankan bila Anda menganggap bahwa di dalam bungkus cokelat polos Chinook adalah hati, kekuatan, kecerdasan, dan rasa manis yang lembut.

Chinook dibiakkan karena kemampuan menarik dan staminanya. Hari ini, hari-hari ekspedisinya ada di belakangnya dan dia dianggap sebagai teman yang sempurna: penuh kasih, atletis, dan serbaguna. Dia adalah pilihan tepat jika Anda ingin teman jogging atau hiking; tidak begitu banyak jika Anda sedang mencari retriever atau anjing air.

Dan cari di tempat lain jika Anda menginginkan penjaga atau anjing penjaga. Tetap saja, meskipun dia tidak agresif, ukurannya mungkin cukup untuk mengusir siapa pun yang menakutkan. Chinook mudah dirawat, tetapi mereka rontok dua kali setahun, dengan kerontokan ringan hingga sedang di sisa waktu.

Sesuai dengan warisan kereta luncur anjing mereka, beberapa Chinook dapat menjadi penggali, menggali tempat yang bagus di mana mereka dapat tidur siang. Ini adalah perilaku bawaan, jadi bersiaplah untuk halaman Anda memiliki tampilan kawah. Cobalah menyiasatinya dengan memberi Chinook tempat khusus untuk menggali.

Kosakata Chinook berkisar dari diam hingga woo-woo hingga rengekan bersemangat. Anda mungkin mendapatkan yang tenang, tetapi lebih sering daripada tidak Chinook Anda akan dengan senang hati berbagi pendapatnya dengan Anda tentang kejadian hari itu.

Chinook adalah jenis yang langka, dan Anda tidak akan menemukannya di mana pun. Harapkan untuk menunggu selama enam bulan hingga dua tahun sebelum anak anjing tersedia, terutama jika Anda memiliki hati yang tertuju pada jenis kelamin atau jenis telinga tertentu (telinga floppy atau prick ear). Harga umumnya berkisar dari $650 hingga $1,500.

Highlight

  • – Chinooks memiliki temperamen yang lembut, datar dan jarang pemalu atau agresif.
  • – Chinooks harus tinggal di dalam ruangan bersama orang-orang mereka, lebih disukai di rumah di mana mereka memiliki akses ke halaman berpagar yang aman.
  • – Chinook bisa menjadi penggali.
  • – Chinooks membutuhkan 30 sampai 60 menit latihan setiap hari. Mereka menikmati hiking, jogging, dan menarik, apakah yang ada di belakang mereka adalah kereta luncur, gerobak, atau orang yang bermain ski atau sepatu roda.
  • – Chinooks cerdas dan belajar dengan cepat, tetapi jika Anda tidak konsisten dengan apa yang Anda minta dari mereka, mereka akan memanfaatkan Anda.
  • – Chinooks tidak menggonggong tetapi bisa banyak bicara, merengek dan “merayu” untuk mengekspresikan pendapat mereka.
  • – Chinooks memiliki mantel tebal dan banyak rontok dua kali setahun; sisa tahun mereka menumpahkan jumlah kecil setiap hari.
  • – Chinooks perlu disikat setiap hari untuk menjaga bulunya tetap bersih, tetapi mandi jarang diperlukan.
  • – Chinooks mencintai anak-anak ketika mereka dibesarkan bersama mereka, tetapi sebaliknya dapat dipesan dengan mereka.
  • – Jangan pernah membeli Chinook dari broker anak anjing atau toko hewan peliharaan. Peternak bereputasi baik tidak menjual ke perantara atau pengecer, dan tidak ada jaminan apakah anak anjing tersebut memiliki induk yang sehat. Peternak bereputasi baik melakukan berbagai tes kesehatan untuk memastikan bahwa anjing pembiakan mereka tidak menularkan kecenderungan penyakit genetik.
  • – Wawancarai peternak secara menyeluruh, dan pastikan orang tua anak anjing telah diskrining untuk penyakit genetik yang berkaitan dengan breed tersebut. Tanyakan kepada peternak tentang masalah kesehatan yang mereka temui pada anjing mereka, dan jangan percaya pada peternak yang mengklaim bahwa anjingnya tidak pernah memiliki masalah kesehatan. Mintalah referensi agar Anda dapat menghubungi pembeli anak anjing lain untuk mengetahui apakah mereka senang dengan Chinook mereka. Melakukan pekerjaan rumah Anda dapat menyelamatkan Anda dari banyak patah hati nanti.

Sejarah

Ketika Arthur Walden membiakkan seekor anjing peternakan dengan seekor husky di peternakan Wonalancet, New Hampshire miliknya, dia sedikit tahu bahwa hasilnya akan menjadi garis kereta luncur anjing yang legendaris.

Walden, yang pernah menjadi pengemudi anjing di Alaska untuk beberapa waktu, membawa olahraga balap kereta luncur anjing ke New England. Salah satu anak anjing dari sampah tersebut, bernama Chinook setelah angin hangat yang mencairkan salju Alaska, menonjol karena ketampanan, temperamen, dan kemampuan kerjanya, dan anak-anaknya mengikuti jejak kakinya.

Ketika Laksamana Byrd merencanakan ekspedisinya ke Antartika pada tahun 1928, dia meminta Walden dan anjing Chinooknya untuk diangkut. Chinook asli adalah bagian dari tim. Ekspedisi Byrd berhasil, dengan satu pengecualian yang mengerikan: Chinook, 12 tahun saat itu, mengembara dan tidak pernah ditemukan. Untuk menghormati kereta luncur anjing yang terkenal, nama Jalur Chinook diberikan kepada sebagian dari Rute 113A yang menuju ke kampung halaman Chinook di New Hampshire.

Walden pensiun setelah petualangannya di Antartika dan mewariskan pekerjaan merawat breed tersebut kepada Milton dan Eva Seeley dan Julia Lombard. Kemudian Perry dan Honey Greene mengambil alih, akhirnya menjadi satu-satunya orang yang membiakkan anjing-anjing itu.

Seiring waktu, berdasarkan jumlah mereka yang menurun, Chinook mendapatkan gelar yang meragukan sebagai ras paling langka di dunia, menurut Guinness Book of World Records. Pada satu titik, hanya 28 anjing yang tersisa, dan saat itulah, pada tahun 1981, beberapa orang memulai upaya untuk menyelamatkan ras tersebut. Mereka termasuk Neil dan Marra Wollpert, Kathy Adams, dan Peter Abrahams.

Mereka berhasil, tetapi Chinook masih sulit ditemukan. Mereka diakui oleh United Kennel Club dan sedang dalam proses mencari pengakuan oleh American Kennel Club.
Ukuran Jantan berdiri 23 hingga 27 inci di bahu dan berat rata-rata 70 pon. Betina berdiri 21 sampai 25 inci di bahu dan berat rata-rata 55 pon.

Kepribadian

Temperamen Chinook digambarkan sebagai tenang, bersemangat untuk menyenangkan, dan ramah. Yang mengatakan, dia belum tentu sesama jenis anjing yang dikenal baik. Dia bisa bermartabat dan tertutup dengan orang-orang yang tidak dia kenal. Perempuan lebih mungkin dibandingkan laki-laki untuk menjadi pemikir independen.

Seperti halnya setiap anjing, Chinook membutuhkan sosialisasi awal — paparan banyak orang, pemandangan, suara, dan pengalaman yang berbeda. Mendaftarkannya di kelas TK anak anjing adalah awal yang baik. Cara lain untuk membantunya memoles keterampilan sosialnya adalah dengan mengundang pengunjung secara teratur, dan membawanya ke taman yang ramai, toko yang mengizinkan anjing, dan jalan-jalan santai untuk bertemu tetangga.

Kesehatan

Chinook umumnya sehat, tetapi seperti semua ras, mereka dapat mengalami kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda membeli anak anjing, carilah peternak yang baik yang akan menunjukkan izin kesehatan untuk kedua orang tua anak anjing Anda. Izin kesehatan membuktikan bahwa seekor anjing telah diuji dan dibersihkan dari kondisi tertentu. Di Chinooks, Anda akan melihat izin kesehatan dari Orthopaedic Foundation for Animals atau PennHIP untuk pinggul, serta sertifikasi dari Canine Eye Registry Foundation (CERF) bahwa matanya normal.

Karena beberapa masalah kesehatan tidak muncul sampai anjing mencapai kedewasaan penuh, izin kesehatan tidak diberikan kepada anjing yang berusia kurang dari dua tahun. Carilah peternak yang tidak membiakkan anjingnya sampai mereka berusia dua atau tiga tahun. Masalah kesehatan yang terlihat pada jenis ini termasuk displasia pinggul, katarak, kejang, masalah kulit dan bulu, dan masalah pencernaan.

Baca juga : Mengenal Ras Anjing Pudel

  • – Hip Displasia: Ini adalah kondisi yang diturunkan di mana tulang paha tidak pas dengan sendi pinggul, berpotensi menyebabkan rasa sakit dan ketimpangan pada satu atau kedua kaki belakang. Skrining sinar-X untuk displasia pinggul dilakukan oleh Yayasan Ortopedi untuk Hewan atau Program Peningkatan Pinggul Universitas Pennsylvania (PennHIP). Anjing dengan displasia pinggul tidak boleh dibiakkan. Displasia pinggul bersifat herediter, tetapi dapat diperburuk oleh faktor lingkungan, seperti pertumbuhan yang cepat dari diet berkalori tinggi atau cedera akibat melompat atau jatuh di lantai yang licin.
  • – Katarak: Sebuah katarak adalah opacity pada lensa mata yang menyebabkan kesulitan dalam melihat. Katarak biasanya, tetapi tidak selalu, terjadi pada usia tua dan terkadang dapat diangkat melalui pembedahan untuk meningkatkan penglihatan anjing.
  • – Kejang: Chinooks diketahui menderita berbagai jenis kejang, dan penelitian tentang masalah ini sedang dilakukan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Missouri. Kejang, yang sering tidak dimulai sampai akhir kehidupan, kadang-kadang dapat dikendalikan dengan obat-obatan, tetapi tidak dapat disembuhkan. Chinooks yang mengalami kejang tidak boleh dibiakkan.
  • – Kulit dan bulu: Beberapa Chinooks dapat mengembangkan kulit kering, gatal atau hot spot .
  • – Masalah gastrointestinal: Beberapa Chinooks dapat mengalami masalah gastrointestinal kronis seperti diare, sembelit, atau muntah.
Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram