Cara Kerja Pertunjukan Anjing dan Bagaimana Seekor Anjing Memenangkan Pertunjukan

Cara Kerja Pertunjukan Anjing dan Bagaimana Seekor Anjing Memenangkan Pertunjukan – Berbekal pengetahuan yang cerdik dan pengalaman bertahun-tahun, para juri memasuki arena pertunjukan anjing dengan tugas yang menantang untuk memilih satu pemenang.

Cara Kerja Pertunjukan Anjing dan Bagaimana Seekor Anjing Memenangkan Pertunjukan

brfk – Dan ketika Anda berada di salah satu panggung pertunjukan anjing terbesar, taruhannya lebih tinggi. Seorang juri harus memilih satu pemenang dari sekelompok anjing yang hebat, bekerja dalam parameter jadwal TV, dan cukup beruntung untuk tidak tersandung saat berjalan di atas karpet mewah.

Dikutip dari akc.org, “Ini adalah tugas yang sulit, tetapi pada akhirnya Anda harus memilih satu sampai empat,” kata Hakim Jason Hoke, mengingat waktunya menilai Toy Group di Westminster Kennel Club Dog Show.

Sebelum seekor anjing bahkan dapat mencapai tingkat kelompok, ia harus menghadapi persaingan serius di tingkat ras. Karena pertunjukan anjing konformasi disusun sebagai acara eliminasi, yang berarti satu anjing pada akhirnya dipilih sebagai “Pertunjukan Terbaik” untuk pertunjukan itu, persaingan semakin ketat di setiap putaran. Seekor anjing yang memenangkan “Best of Breed” kemudian maju untuk menghadapi kompetisi grup, dan jika dia memenangkan grup, dia melanjutkan ke babak final untuk memperebutkan “Best In Show” dan “Reserve Best In Show” (tempat kedua) . Ini bisa berarti memangkas ribuan anjing untuk menemukan satu pemenang.

Baca juga : Kompetisi Anjing Terkemuka di AS

Para pemenang tersebut dipilih oleh sekelompok orang yang penting bagi kompetisi: para juri. Dan sebelum seorang hakim memasuki ring untuk membuat panggilan, dia telah memiliki pengalaman bertahun-tahun di dunia pertunjukan dan telah menghabiskan berjam-jam mempelajari standar breed dan anjing ras.

1. Perbandingan Anjing Satu Sama Lain?

Sama seperti seorang pelukis menghabiskan waktu mengerjakan sapuan kuas atau seorang musisi berusaha untuk memainkan akord yang sempurna, seorang juri pertunjukan anjing juga memiliki keterampilan untuk menyempurnakan: mengukur seekor anjing hingga standar breed tertentu. Titik kebingungan umum bagi yang belum tahu adalah bahwa setiap anjing dinilai berdasarkan bagaimana dia membandingkan dengan standar breed dan bukan bagaimana anjing membandingkan secara langsung dengan yang lain di atas ring. Misalnya, ketika seorang hakim melihat Grup Hound, dia tidak secara langsung membandingkan Greyhound dengan Afghan Hound. Perbandingannya benar-benar Greyhound dengan standar breed Greyhound dan Afghan dengan standar breed Afghan. Seorang pemenang harus mencontohkan standarnya lebih dari anjing lain yang mewakili standar mereka.

Untuk menjadi hakim berlisensi AKC, seseorang harus menyelesaikan sejumlah persyaratan pendidikan (ujian, seminar, menjadi mentee), serta memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai pawang. Karena menjadi juri bukanlah tugas yang mudah (cobalah beberapa ujian praktek mereka di sini), dibutuhkan orang yang berdedikasi, dengan selera yang tak terpuaskan akan pengetahuan dan kecintaan pada olahraga untuk membuat keputusan.

Tetapi hanya karena seorang hakim memiliki lisensi, tidak berarti sekolah itu berhenti. Mengetahui standar breed depan ke belakang adalah satu hal, tetapi mengendalikan ring, memberikan kejelasan dalam pengambilan keputusan kepada pesaing, dan menjaga semua keputusan Anda tetap lurus dalam pikiran Anda adalah hal lain. “Kita semua bisa menilai di luar ring,” kata Hoke, “tetapi begitu Anda masuk ke dalam ring, itu adalah cerita yang berbeda. Ketika Anda berada di luar, Anda dapat fokus pada satu anjing yang Anda sukai, tetapi sebagai hakim Anda memiliki waktu dua menit untuk membuat keputusan.”

Dan memoles pengetahuan Anda sebelum kompetisi sangat penting. “Setiap juri yang menghargai garam mereka melakukan tinjauan standar breed sebelum penugasan juri,” kata Lyne. “Saya selalu mengingatkan diri saya sendiri tentang diskualifikasi yang berlaku untuk breed yang akan saya nilai hari itu.”

2. Memvisualisasikan Anjing yang Sempurna

Anjing yang hebat dapat dengan mudah menonjol di mata juri, tetapi apa yang terjadi ketika cincin Anda penuh dengan gigi taring yang luar biasa? Juri berpengalaman memastikan untuk mengevaluasi semua yang disajikan kepada mereka di atas ring. Betapapun berpengalamannya seorang hakim, proses penjurian tidak otomatis; mereka masih manusia.

“Saya berharap peserta pameran akan menyadari bahwa para juri, pada umumnya, ingin menilai dengan kemampuan terbaik mereka, untuk menemukan anjing yang tepat, dan tidak pernah, tidak pernah melewatkan yang hebat,” kata Virginia Lyne, juri semua ras. “Saya pikir orang cenderung mencari penjelasan yang benar-benar dihilangkan dari proses sebenarnya dalam mengevaluasi stok pembiakan — pemikiran tentang siapa yang menyukai siapa, siapa yang mengenakan warna favorit juri — daftarnya terus berlanjut.”

Mungkin sulit bagi publik untuk memahami bahwa anjing tidak selalu dihakimi satu sama lain, tetapi secara individu sebagai anjing yang dapat meneruskan karakteristik terbaik ras mereka ke generasi berikutnya. Proses berpikir seorang hakim dapat dengan mudah dikaitkan dengan program pemuliaannya sendiri.

“Saya selalu harus bertanya pada diri sendiri: mana yang akan saya gunakan dalam program pemuliaan?” jelas Elliott B. Weiss, yang pertama kali masuk ring sebagai juri di awal 90-an setelah menjadi handler profesional yang sukses selama bertahun-tahun. Resume penjuriannya sekarang mencakup beberapa Westminsters.

“Apa yang menurut saya sulit dipahami publik adalah bahwa Anda tidak menghakimi anjing satu sama lain,” katanya, “Anda menilai anjing berdasarkan gambaran kesempurnaan yang Anda miliki di benak Anda tentang standar.” Kelompok Olahraga Ketiga dan Terbaik dari Breed: GCHS CH Random Legacy Dylan Du Revention, English Spiner Spaniel; Kejuaraan Nasional AKC 2017 dipersembahkan oleh Royal Canin, Orlando, FL.

3. Lebih Dari Sebuah Kontes Kecantikan

Untuk mata yang tidak terlatih, pertunjukan anjing konformasi bisa tampak seperti kontes kecantikan. Namun, penggemar ras murni akan segera memberi tahu Anda bahwa ada lebih dari itu. Dalam bentuknya yang paling sederhana, pertunjukan anjing adalah tempat untuk mengevaluasi anjing untuk program pemuliaan. Keputusan yang dibuat juri di atas ring mempengaruhi bagaimana pawang mempresentasikan anjing mereka dan keputusan yang dibuat oleh peternak ketika merencanakan generasi berikutnya dari breed mereka.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Olahraga Pacuan Kuda

Setiap trah dibiakkan untuk alasan tertentu—banyak trah mainan dibiakkan untuk menjadi anjing pangkuan, sementara anjing gembala dibiakkan untuk membantu manusia berburu binatang buruan, dan fungsi khusus ini membentuk standar setiap trah—sebuah cetak biru tentang bagaimana trah itu harus terlihat dan bertindak. Di arena pertunjukan, seorang juri menilai anjing berdasarkan seberapa cocok mereka dengan standar mereka.

“Sementara penjurian adalah tentang kecantikan, ini adalah tentang kecantikan yang didefinisikan dalam suatu ras dan tentang bagaimana suatu ras menjadi apa adanya dan bagaimana penampilan mereka di mata juri pada hari itu,” kata Hoke. “Ada banyak sejarah yang terlibat tentang mengapa kecantikan tertentu ada di setiap ras. Sejarah menentukan apa itu breed, dan seperti apa.” Hoke menyatukan bentuk dan fungsi dari breed tertentu setelah mengalami banyak janji juri internasional dan menjelajahi berbagai wilayah geografis.

“Saya telah menilai di luar negeri, dan itu bagus, karena Anda bisa melihat breed di negara asal mereka,” katanya. “Ketika mereka mengatakan ‘daerah pegunungan yang tinggi’, Anda melihat apa itu medan dan mengapa (trah) dibangun seperti itu.” Namun, seorang hakim yang baik tidak hanya akan melihat penampilan anjing, tetapi juga kepribadian rasnya. Seekor anjing yang menunjukkan temperamen sejati suatu ras dapat membantunya menonjol di tengah lautan anjing-anjing hebat, terutama di pertunjukan yang lebih besar.

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram