Kompetisi Dogsledding Internasional Di Rusia

Kompetisi Dogsledding Internasional Di Rusia

Kompetisi Dogsledding Internasional Di Rusia – Banyak kompetisi anjing internasional yang diselenggarakan di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Biasanya dalam kompetisi ini anjing unjuk keunggulan peranakan atau kebolehan standar saja, namun tidak dengan kompetisi anjing internasional yang berlangsung di Siberia, Rusia ini.

Nadezhda Hope Race yang berlangsung di Chukotka, Siberia, Rusia merupakan kompetisi anjing internasional bagi anjing Siberian Husky untuk unjuk kekuatan dan kebolehan dalam dogsledding. Dogsledding adalah ditariknya kereta luncur yang biasa ditumpangi manusia sebagai kendaraan di atas salju oleh tenaga sekelompok anjing. Maka dari itu, kompetisi ini berlangsung di area bersalju. Dogsledding telah ada sejak 7 hingga 8000 tahun lalu.

Nadezhda Hope Race ini pertama kali berlangsung pada 2014 sebagai ekstensi dari kompetisi internasional lain yang biasa berlangsung di Rusia. Perlombaan dogsledding ini tergolong sebagai perlombaan tradisional, karena sifatnya sebagai kebiasaan asli penduduk Rusia dan tidak bisa berlangsung di sembarang tempat.

Para pemburu lokal yang berpartisipasi dalam perlombaan dogsledding ini berlomba dengan satu tim anjing Siberian Husky mereka dan mengendarai kereta luncur model kuno yang bergaya Kolyma, salah satu daerah di Rusia Timur. Model kereta luncur ini sangat sesuai digunakan untuk daerah dengan gelombang angin yang tinggi seperti Chukotka.

Berdasarkan lomba dogsledding pertama yang berlangsung pada tahun 2014, kompetisi ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Denmark, Norwegia, Chukotka, dan daerah Alaska yang merupakan tempat asal dogsledding. Peserta asal Alaska tersebut bernama Chuck Scheaffer, berkompetisi dengan membawa sekelompok anjing Husky Alaska miliknya. Ia adalah dogsledder senior dibandingkan dengan peserta lainnya yang juga berpengalaman. Banyak jenis anjing Husky yang diikutsertakan dalam perlombaan ini, misalnya Polar Husky dan Siberian Husky. Ada juga peserta asal Jerman yang pertama mengikuti perlombaan ini.

Pada perlombaan dogsledding pertama di Chukotka, Siberia ini memperlombakan 9 tim anjing untuk adu cepat menarik kereta luncur. Rute perlombaan dimulai dari Alaska ke Chukotka melalui Bering Strait. Para peserta lomba ini membawa anjingnya melintasi salju melalui teluk ke pusat kota setelah tiba di bandara Provideniya. Rute perlombaan ini sepanjang 175 kilometer jauhnya, melaju ke arah utara dari garis start di Kota Lorino.

Perlombaan ini berlangsung selama 7 hari lamanya dengan berbagai variasi rute dan jarak tempuh, serta banyak kegiatan yang bisa diikuti setelahnya. Pada hari pertama, peserta akan diajak melewati rute sejauh 75 kilometer dari Provideniya melalui kota kecil Novo Chaplino menuju kampung Yanrakynnot. Rute awal ini akan membuat para peserta takjub akan pemandangan yang luar biasa. Pada pagi hari selanjutnya, peserta diajak melalui rute sepanjang 100 kilometer dari Yanrakynnot ke Lorino.

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram

0 thoughts on “Kompetisi Dogsledding Internasional Di Rusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *