Review Anjing Karakachan (Bulgaria Shepherd)

Review Anjing Karakachan (Bulgaria Shepherd) – Karakachan adalah anjing besar tipe Molosser yang berevolusi berabad-abad yang lalu di Bulgaria dan negara-negara tetangganya.

Review Anjing Karakachan (Bulgaria Shepherd)

brfk – Mereka diketahui telah berpatroli di pegunungan setempat, melindungi ternak dengan memperingatkan ancaman predator dengan geraman dan gonggongan serak yang dalam. Kuat dan berani, mereka akan melawan predator mana pun tanpa ragu-ragu jika terus mengejar mangsanya.

Dikutip dari dogzone , Penuh kasih sayang dengan orang yang mereka kenal, mereka biasanya berhati-hati di hadapan orang asing, dan memiliki potensi untuk bertindak agresif. Keras kepala di kali, mereka dapat menjadi segelintir untuk melatih, dan tidak direkomendasikan untuk pemilik pertama kali. Mereka membutuhkan banyak olahraga dan tidak cocok untuk gaya hidup perkotaan.

Baca juga : Pro dan Kontra Memiliki Siberian Huskies sebagai Hewan Peliharaan

Tentang & Sejarah

Anjing Karakachan, juga dikenal sebagai Gembala Bulgaria, Mollos Thracian atau Ovcharsko Kuche, kemungkinan besar adalah jenis yang belum banyak Anda dengar, karena kelangkaannya. Berasal dari Bulgaria, sulit untuk melacak asal pasti mereka karena mereka benar-benar ras kuno, tetapi secara luas diyakini bahwa mereka berasal dari anjing penggembala Asia Tengah .

Mereka mendapatkan nama mereka dari kelompok asli orang penggembala yang disebut Karakachani, atau Sarakatsani, yang tinggal di Yunani, Bulgaria dan Albania. Orang-orang nomaden ini sangat menekankan pada pembiakan hewan, dan selain melestarikan anjing Karakachan, mereka juga memberikan nama mereka kepada Domba Karakachan dan Kuda Karakachan.

Tujuan utama ras anjing selalu untuk menjaga ternak di pegunungan. Mereka dikenal karena keberanian mereka ketika dihadapkan dengan predator yang mengancam seperti beruang dan serigala, dan tidak akan ragu untuk membela kawanan mereka. Karena ukurannya yang tipis, serta kesetiaan dan perilaku teritorial yang melekat, Karakachan juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anjing patroli di perbatasan Bulgaria, serta anjing penjaga di rumah-rumah penduduk.

Sayangnya, selama tahun 1950-an, pemerintah setempat menyusun rencana pertanian yang berfokus pada produksi breed asing, karena mereka dianggap lebih unggul dari rekan-rekan Bulgaria mereka. Mandat ini mempengaruhi banyak spesies, termasuk anjing. Jumlah anjing Karakachan berkurang drastis selama waktu ini, dan ras ini tidak pernah sepenuhnya pulih dari keputusan ini.

Meskipun paling sering terlihat di Bulgaria, beberapa anggota breed telah berhasil menyeberang ke AS, namun, mereka tetap menjadi breed yang sangat langka. Standar Karakachan secara resmi disetujui pada tahun 2005 – meskipun standar tersebut belum diterima di klub kennel internasional mana pun.

Penampilan

Karakachan adalah anjing yang sangat besar dan mengesankan, dengan tinggi jantan mencapai 63-75cm, sedangkan betina akan berdiri lebih kecil pada 60-69cm. Laki-laki akan memiliki berat antara 45 dan 57kg, sedangkan betina akan memiliki berat kurang, biasanya antara 40 dan 52kg.

Tengkorak mereka harus besar, berakhir dengan moncong besar. Berbeda dengan ukuran kepala mereka, mata mereka (yang mungkin berwarna coklat atau hazel) relatif kecil dan dalam. Demikian pula, telinga mereka kecil secara tidak proporsional, tergantung dekat dengan kepala mereka yang mendominasi. Mereka memiliki tubuh yang berotot dengan punggung lurus dan dada yang dalam. Ekornya lebat dan mungkin melengkung, biasanya mencapai kaki.

Mereka selalu memiliki lapisan bawah yang tebal dan penuh, tetapi lapisan atas lurus mereka bervariasi di antara jenisnya, dan mungkin pendek atau panjang. Ketika panjang, itu harus mencapai panjang lebih dari 12 cm. Warna bulu mereka akan putih dengan coklat, atau putih dengan hitam, atau putih dengan hitam dan coklat. Bintik-bintik berwarna yang besar dan berbatas tegas lebih disukai.

Karakter & Temperamen

Masih digunakan terutama sebagai anjing pekerja, anjing Karakachan didedikasikan untuk perannya. Mereka tangguh, rajin, dan pekerja keras. Mereka selalu waspada, berpatroli dan menjaga kawanan mereka. Setiap ancaman yang dirasakan terhadap kawanan mereka akan ditanggapi dengan agresi. Dalam pengaturan rumah, Karakachan biasanya akan memberikan banyak peringatan vokal sebelum menyerang, jika mereka merasa ada panggilan untuk melakukannya.

Mereka adalah jenis yang akan terikat erat dengan keluarga mereka dan dengan cepat akan menjadi sangat protektif terhadap mereka. Jika dibesarkan dengan anak-anak, mereka akan mengabdikan diri untuk mereka, meskipun murni karena ukuran mereka, mereka harus dipantau setiap saat. Mereka berpotensi dapat melakukannya dengan baik dengan hewan peliharaan keluarga lainnya jika diperkenalkan dengan tepat.

Mereka membutuhkan sosialisasi ekstensif ketika muda untuk mendorong mereka untuk toleran terhadap orang asing di dalam rumah mereka, karena mereka secara naluriah akan sangat waspada terhadap pendatang baru.

Keterlatihan

Meskipun mereka dikenal sebagai ras yang cerdas, Karakachan bertahan dengan sendirinya untuk waktu yang lama di pegunungan terpencil Bulgaria dan dengan demikian dapat berkemauan keras dalam hal pelatihan. Sayangnya, mereka tidak serta merta mematuhi perintah yang tidak mereka setujui.

Mereka membutuhkan penangan yang percaya diri dan berpengalaman yang tidak akan membiarkan mereka mengambil keuntungan atau mendapatkan cara mereka sendiri. Ini sangat penting karena kekuatan dan potensi agresi mereka ketika mereka merasa terancam. Penguatan positif bekerja paling baik dengan Karakachan dan menegur mereka hanya akan mengarah pada perilaku yang lebih tidak diinginkan.

Kesehatan

Sayangnya, tidak ada penelitian kesehatan yang tersedia terkait dengan breed Karakachan, dan bukti anekdotal yang sangat terbatas mengenai penyakit mana yang sebenarnya mempengaruhi mereka. Secara keseluruhan, mereka diterima sebagai jenis anjing yang umumnya sehat yang hidup hingga remaja awal. Karena ukurannya, akan lebih bijaksana untuk memantau kondisi kesehatan yang diketahui lebih umum pada anjing yang lebih besar. Ini termasuk:

1. menjadi gembung

Kembung adalah kondisi yang sebagian besar terjadi pada anjing berdada dalam. Seorang pemilik akan melihat bahwa anjing mereka tidak bisa tenang, mungkin terengah-engah atau mengeluarkan air liur, dan mungkin tampak kembung (atau menggelembung) secara fisik di daerah perut. Kembung ini terjadi karena pembesaran perut, karena terisi dengan gas.

Dalam kasus yang lebih serius, perut akan berputar 360 derajat, memperburuk situasi. Setiap hewan yang mengalami kembung harus segera dibawa ke dokter hewan darurat untuk intervensi penyelamatan hidup.

2. Kondisi Ortopedi

Setiap anjing ras besar lebih rentan terhadap berbagai masalah ortopedi, termasuk displasia siku, displasia pinggul, dissecans osteochondrosis, dan osteoartritis. Skrining induk pembiakan adalah ide yang baik untuk memastikan bahwa hewan yang terkena tidak mewariskan gen cacat mereka.

Latihan dan Tingkat Aktivitas

Dikembangkan selama bertahun-tahun untuk stamina tingkat tinggi dan kemampuan untuk berpatroli sepanjang hari dan melompat ke pertahanan mereka saat dibutuhkan, Karakachan diprediksi memiliki tuntutan latihan yang tinggi. Dalam situasi yang ideal, mereka akan diberikan tugas untuk menjaga kawanan ternak, meskipun jika hal ini tidak memungkinkan, kegiatan lain dapat dilakukan. Jalan-jalan panjang setiap hari, akses ke taman yang luas dan aman, dan banyak rangsangan mental dapat membuat Karakachan tetap puas tanpa adanya tugas menggembala.

Jika Karakachan terbatas pada ruang kecil, atau tidak cukup untuk dilakukan, kemungkinan mereka akan bosan dan frustrasi. Ini akan sering menyebabkan masalah perilaku yang sulit untuk dikelola.

Karakachan Terkenal

Menariknya, mantan presiden AS, George Bush, diberikan Karakachan ketika ia mengunjungi Bulgaria pada tahun 2003. Ini adalah contoh yang bagus tentang betapa berharganya ras ini bagi orang Bulgaria dalam beberapa tahun terakhir.

Boyko Borissov, mantan Perdana Menteri Bulgaria, secara terbuka menghadiahkan kepada mantan Presiden Rusia, Vladimir Putin seekor anak anjing Karakachan tiga warna. Ketika ditanya di kemudian hari bagaimana keadaan anak anjing itu, Putin menjawab bahwa ‘… dia anak yang sangat cantik, tentu saja, dan saya mencintainya’. Dia telah memanggil anjing Buffy .

Facebooktwitterlinkedinyoutubeinstagram